Minggu, 06 Maret 2016

PELANTIKAN PRAMUKA

Pelantikan Pramuka
Pada tanggal 27 Februari 2016 siswa-siswi SMP Labschool Jakarta akan melaksanakan kegiatan pelantikan pramuka tahun 2016 bernomor gudep  03-3359 dan 03-3360,seluruh siswa-siswi berbaris sesuai kelompok yang sudah ditentukan untuk mengikuti apel pemberangkatan pada pukul 06.30 WIB.Sebelum keberangkatan yang dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB.Pembekalan itu diisi oleh Pak Ali dan Pak Dedi yang menyampaikan hal–hal yang harus dilakukan dan pesan–pesan kepada siswa-siswi yang akan berangkat.
Pada pukul 06.50 WIB rombongan dipersilakan memasuki tronton masing – masing yang telah ditentukan. Ada sekitar 7 tronton yang disiapkan oleh sekolah. Setelah itu,tronton berangkat menuju Studio Alam pada pukul 07.00 WIB.Setelah sekitar 1 jam perjalanan menuju Studio Alam, seluruh siswa-siswi mengikuti apel pembukaan dan orientasi medan pada pukul 08.00 WIB.Setelah itu seluruh siswa-siswi istirahat sejenak dan melakukan persiapan sekitar 30 menit,barang-barang diletakkan di tempat itu juga.
Pada pukul 09.00 WIB,seluruh kelompok  diberi lembaran kertas yang berisi soal mengenai pramuka untuk diisi bersama kelompok masing-masing,setelah itu siswa-siswi yang sudah menyelesaikan lembaran kertas langsung melaksanakan kegiatan penjelajahan atau wide game.Setiap kelompok harus mengunjungi setiap pos yang sudah disiapkan secara berurutan.
Di pos pertama,setiap kelompok akan ditanya mengenai hal yang berhubungan dengan pramuka secara lisan.Di pos kedua,setiap kelompok akan diminta untuk menjawab isyarat semaphore yang sudah diperagakan.
Di pos ketiga setiap kelompok diminta untuk membuata tandu dari dua tongkat dan dua tali. Cara membuat tandu yaitu,rebahkan dua tongkat pramuka secara sejajar dengan jarak yang secukupnya,gunakan cara simpul pangkal untuk menyimpil ujung tongkat,gunakan cara simpul jangkar untuk seterusnya,lalu untuk mengakhirinya gunakan cara simpul mati.

Setelah membuat tandu,setiap kelompok diminta untuk membawa orang terluka(pura-pura) dengan tandu  ke pos keempat.Setelah sampai di pos keempat setiap kelompok diminta untuk melewati bermacam-macam rintangan  yang telah disediakan sambil membawa orang terluka yang tadi.
Setelah selesai mengunjungi semua pos pukul 12.00 WIB masing-masing kelompok kembali ketempat dimana barang-barang diletakan,setelah sampai,setiap kelompok di minta menunggu sebentar untuk menunggu giliran PBB,setelah selesai PBB,masing-masing kelompok mengambil perlengkapan sholat dan pergi menuju ke masjid untuk sholat.Setelah selesai sholat,masing-masing kelompok  kembali ketempat barang-barang ada untuk makan siang.
Pada pukul 14.30 WIB seluruh siswa-siswi berbaris sesuai kelompok untuk melaksanakan persiapan upacara pelantikan.Pada pukul 14.45 WIB upacara pelantikan dan penutupan dimulai.                                                                          
Pada pukul 15.30 WIB seluruh siswa mengambil barang-barang untuk bergegas pulang dan pergi menuju tronton masing-masing ,setelah sampai di tronton,seluruh siswa-siswi naik ke tronton masing-masing,setelah seluruh siswa-siswi sudah naik semua,tronton mulai jalan.                                           
Seluruh siswa-siswi,dan para guru ampai di sekolah pada pukul 16.30 WIB, Selama perjalanan ini, semua hal aman dan terkendali.             


Nama Penulis              :Diva Fitriani
Korektor                      : Detha Audrey S.
Sekolah/Kelas/Absen  :7E/10                                                                                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar